Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Berikut Fungsi Conwood yang Berdasarkan Jenisnya

 

Material conwood

Material conwood – Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini bidang konstruksi bangunan pun kerap menghadirkan inovasi-inovasi menarik. Bagaimana tidak? Sebab saat ini telah hadir berbagai jenis material baru yang diklaim dapat menggantikan peran kayu solid.

Seperti halnya material conwood yang sekarang sedang menjadi tren dikalangan masyarakat. Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi seputar material conwood, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Material Conwood

Sebenarnya conwood merupakan material bangunan inovatif pengganti kayu solid yang terbuat dari campuran bahan semen dan fiber selulosa. Kabarnya, bahan baku pada proses pembuatan conwood sudah terbukti ramah lingkungan lho.

Mengenal Material Conwood

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, conwood dibuat dengan menggunakan teknologi tercanggih masa kini yang berasal dari Swiss sehingga memiliki tampilan seindah kayu dengan tekstur yang sekuat beton.

Akan tetapi, fungsi conwood akan dibedakan yang berdasarkan jenisnya. Adapun mengenai berbagai jenis-jenis material conwood yang akan dibahas seperti berikut:

7 Jenis Conwood

1. Conwood Decorative Panel 1” Stick

Conwood Decorative Panel 1” Stick

Jenis Conwood Decorative Panel 1” Stick ini sangat ideal diaplikasikan di berbagai jenis dinding secara vertical maupun horizontal. Pada umumnya, Conwood Decorative Panel 1” Stick memiliki lekukan berbentuk huruf “U” yang unik sehingga dapat menghadirkan kesan dimensi pada berbagai jenis ruangan.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Parquet Dinding Ini Sebelum Menggunakannya

2. Conwood Plank 2”

Conwood Plank 2”

Conwood Plank 2” mempunyai sifat multifungsi sehingga digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan, penggunaannya pun dapat memberikan tampilan modern pada semua jenis bangunan. Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, Conwood Plank 2” ini juga sudah terbukti kokoh dan tahan lama.

3. Conwood Lap Siding BG

Conwood Lap Siding BG

Berbeda dengan jenis Conwood Lap Siding BG yang mengusung tekstur alami dan desain natural, sehingga membuatnya cocok diaplikasikan pada semua jenis bangunan. Menariknya lagi, bahkan proses pemasangan Conwood Lap Siding BG ini juga tergolong cukup mudah.

4. Conwood Mould

Conwood Mould

Conwood Mould berperan sebagai penutup sambungan antara lantai dan dinding dengan sangat efektif. Tak hanya dapat melindungi dinding bagian bawah, tentu saja penggunaan Conwood Mould ini juga dapat meningkatkan nilai keindahan di dalam rumah.

5. Conwood Lap Siding G-Series

Conwood Lap Siding G-Series

Conwood Lap Siding G-Series adalah produk multifungsi yang mudah dipasang untuk beragam kebutuhan dekorasi, baik pada dinding interior maupun eksterior. Dengan menggunakan Conwood Lap Siding G-Series, tentu saja tampilan rumahmu akan terkesan lebih mewah, elegan, dan natural.

Artikel Menarik Lainnya: Ingin Tahu Keunggulan dan Kekurangan Woodplank? Yuk Kita Kepoin

6. Conwood Decorative Panel ECP

Conwood Decorative Panel ECP

Jenis Conwood Decorative Panel ECP sangat cocok diaplikasikan pada desain beton expose. Pasalnya, ia memiliki 2 jenis ukuran dan memiliki tekstur dasar yang mirip dengan semen maupun beton.

Tak hanya itu, Conwood Decorative Panel ECP ini juga tidak perlu dicor dan siap pakai. Tentu saja jenis conwood yang satu ini cocok diaplikasikan pada bangunan industrial seperti rumah, galeri, dan café.

7. Panel Decorative Panel Rhythm

Panel Decorative Panel Rhythm

Panel Decorative Panel Rhythm sangat ideal untuk desain dinding yang mengusung konsep artistic kontemporer. Pasalnya, penggunaan jenis conwood ini bisa dimodifikasi sehingga membuat tampilan dinding menjadi lebih artistic dan tidak monoton.

Kelebihan & Kekurangan Conwood

Kelebihan:

* Memiliki Tampilan Seperti Kayu Asli

Dilihat dari segi tampilannya, sekilas produk conwood ini memang tampak seperti kayu asli. Hal itu bukan tanpa alasan, karena conwood mengusung warna dan pola serat yang mirip dengan kayu solid. Dengan demikian, maka tak heran jika tampilan conwood dan kayu solid sangat sulit dibedakan.

* Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan kayu solid, ternyata material conwood ini menawarkan harga yang lebih murah. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun tingkat kekuatan dan keawetan conwood ini tidaklah murahan.

* Memiliki Daya Tahan yang Sangat Baik

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa material kayu rentan terhadap serangan rayap dan pelapukan. Tentu saja permasalahan tersebut tidak akan berlaku bagi produk conwood, karena materialnya yang terbuat dari campuran bahan semen dan fiber seluosa.

* Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Tak hanya tahan terhadap serangan rayap maupun pelapukan, material conwood juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Hal itu terbukti, yang mana conwood tidak akan mengalami pemuaian dan penyusutan meski terkena guyuran hujan maupun terik matahari secara bergantian.

* Tahan Terhadap Api

Inilah yang menjadi alasan mengapa conwood sangat ideal dijadikan alternative sebagai pengganti kayu solid. Tentu saja penggunaan material conwood ini dapat memberi perlindungan yang efektif saat terjadi kebakaran.

* Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa proses pemasangan conwood terbilag cukup mudah. Ya, conwood ini bisa kamu bor, dipaku, dan disekrup dengan mudah. Bukan hanya itu, bahkan conwood juga bisa digergaji dengan mudah layaknya kayu solid lho.

* Lebih Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa conwood menggunakan material yang ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, material conwood terbuat dari campuran bahan semen dan fiber selulosa yang dihasilkan melalui proses serta komposisi ramah lingkungan.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, conwood aman digunakan untuk kesehatan karena materialnya sudah terbukti bebas dari kandungan asbes maupun logam berat.

Kekurangan Material Conwood:

* Memiliki Bobot yang Lebih Berat

Dibalik beragam keunggulannya, tentu saja ada beberapa kekurangan dari material conwood yang harus kalian ketahui. Ya, salah satu kekurangan dari conwood ini adalah bobotnya yang lebih berat dari kayu solid. Oleh karena itu, pastikan kerangka bangunan yang kamu gunakan itu kokoh dan kuat untuk menopang beban material conwood.

* Tidak Tahan Terhadap Benturan

Meksipun tahan terhadap perubahan cuaca maupun api, ternyata material conwood ini tidak terlalu tahan terhadap benturan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat bobot conwood yang lebih berta ketimbang material kayu.

Maka dari itu, berhati-hatilah saat melakukan proses pemindahan atau pemasangan conwood. Selain itu, conwood juga rawan terhadap goresan benda-benda tajam.

Itu dia jenis-jenis material conwood yang dapat kamu jumpai dipasaran, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.