Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Jenis & Ukuran Amplas yang Berdasarkan Bahannya

Jenis dan ukuran amplas

Jenis dan ukuran amplas – Amplas yang selama ini kita kenal merupakan sebuah benda yang umumnya digunakan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan kayu. Tak hanya kayu, amplas juga kerap digunakan untuk kebutuhan material lainnya.

Namun, jenis amplas yang digunakan untuk kayu dengan material lainnya tentu saja tidak sama. Maka dari itu, penting untuk memahami setiap jenis amplas yang berdasarkan bahan objeknya.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis amplas yang berdasarkan bahannya. Maka dari itu, yuk kita simak saja langsung ulasannya berikut.

4 Jenis Amplas Paling Sering Digunakan

1. Amplas Kayu

Seperti yang sudah disinggung pada ulasan diatas tadi, bahwa amplas kerap digunakan untuk kebutuhan industri perkayuan.

Amplas Kayu

Pada umumnya jenis amplas kayu tampil dalam bentuk roll kain yang berbahan alumunium oxide. Menariknya lagi, ada juga amplas kertas yang materialnya terbuat dari bahan silicon carbide.

Para pengrajin kayu akan menggunakan jenis amplas tersebut yang berdasarkan pengaplikasiannya. Seperti halnya amplas alumunium oxide yang biasa digunakan untuk kayu kering tanpa air.

Adapun amplas berbahan silicon carbide yang umumnya digunakan untuk kebutuhan mebel kayu, dengan menggunakan cat duco pada tahap finishing.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Parquet Dinding Ini Sebelum Menggunakannya

2. Amplas Besi

Dalam proses pengamplasan material logam besi yang tidak terlalu keras, biasanya para pengrajin akan menggunakan amplas yang berbahan silicon carbide. Hal itu bukan tanpa sebab, karena silicon carbide memiliki grit tinggi yang bisa digunakan untuk menghaluskan pada saat proses finishing dilakukan.

Amplas Besi

Disamping itu, amplas berbahan silicon carbide juga bisa diaplikasikan dengan menggunakan air sehingga dapat mengurangi partikel maupun serbuk besi dari hasil pengamplasan. ya, serbuk-serbuk besi tersebutlah yang nantinya akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

3. Amplas Tembok

Biasanya proses pengamplasan untuk material tembok dapat menggunakan amplas yang berbahan silicon carbide maupun aluminium oxide.

amplas tembok

Meski demikian, bahan amplas yang biasa digunakan untuk pengamplasan tembok adalah amplas aluminium oxide. Pasalnya, harga amplas aluminium oxide lebih murah dibandingkan dengan silicon carbide.

Bahkan, tahap pengamplasan pada tembok haruslah kering tanpa menggunakan air sehingga amplas aluminium oxide lebih cocok untuk digunakan.

Dalam tahap pengamplasan tembok biasanya akan dilakukan sebelum proses plamir, atau sebelum pengecatan untuk membersihkan kotoran dan partikel yang menempel di tembok.

4. Amplas Duco (Amplas Basah)

Amplas Duco (Amplas Basah)

Amplas air atau amplas basah ini mengacu pada amplas yang berbahan silicon carbide. Namun, masyarakat lebih mengenal amplas tersebut dengan nama amplas duco.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena amplas duco sering kdigunakan untuk kebutuhan finishing pada bidang otomotif. Amplas duco biasa digunakan untuk menghaluskan tekstur bodi kendaraan setelah di dempul.

Macam-macam Ukuran Amplas

Macam-macam Ukuran Amplas

Selain dibedakan berdasarkan bahan, ternyata ukuran atau grift amplas yang tersedia dipasaran terbilang cukup banyak lho.

* Ukuran P4 dan P60

Amplas ukuran P4 dan P60 biasa digunakan untuk menghaluskan tekstur permukaan material kayu yang kasar. Tak hanya itu, jenis amplas ini juga bisa dipergunakan untuk menghilangkan cat yang masih menempel pada material kayu.

* Ukuran P80

Amplas ukuran P80 juga memiliki fungsi yang dapat memperbaiki tekstur serta menghaluskan permukaan kayu yang tergores. Contohnya seperti tergores oleh gergaji, paku, dan benda-benda tajam lainnya. Namun, apabila goresannya terlalu dalam, maka cara memperbaikinya harus dengan di dempul.

* Ukuran P100 dan P120

Amplas yang berukuran P100 – P120 biasa digunakan proses penghalusan permukaan material setelah diamplas dengan menggunakan amplas P80. Dengan menggunakan amplas P100 – P120, itu artinya material kayu sudah siap untuk diberi lapisan cat.

* Ukuran P180

Penggunaan amplas ini bertujuan untuk lebih menghaluskan material agar nantinya bisa dilakukan pengecatan. Menariknya lagi, bahkan amplas ukuran P180 juga bisa kamu gunakan untuk menghaluskan permukaan meterial kayu dengan serat-serat kecil yang keluar dari permukaannya. Jika ukuran material kayunya sudah pas dan tidak butuh banyak perubahan, kamu hanya tinggal melakukan sedikit finishing.

* Ukuran P240

Amplas dengan ukuran P240 ini sangat coco digunakan untuk tahap finishing yang lebih halus, agar nantinya tidak perlu lagi dilakukan pengecatan untuk menutup serat kayunya. Dengan menggunakan amplas P240, maka tekstur permukaan material kayu akan lebih halus tanpa adanya corak dan serat.

* Ukuran P320

Setelah menggunakan amplas P240, selanjutnya kamu bisa menggunakan amplas yang berukuran P320 untuk lebih menghaluskan tekstur permukaannya. Hal itu bukan tanpa sebab, karena sebagian kayu dan sebagian pengerjaan dibutuhkan tahap penghalusan kayu yang lebih lagi agar dapat mendapatkan hasil sempurna.

* Ukuran P400

Sebenarnya amplas ukuran P400 memang jarang digunakan. Hal ini dikarenakan level kehalusannya setingkat lebih halus daripada amplas P320.

Dengan kata lain, kebanyakan para pengrajin kayu hanya perlu menggunakan amplas P320 saja untuk menyelesaikan kebutuhan pengerjaannya. Oleh karena itu, jenis amplas P400 hanya digunakan untuk menghaluskan lapisan poliuretan.

* Ukuran P800

Jenis ukuran amplas berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama P800. Ukuran amplas yang satu ini lebih cocok digunakan untuk finishing terakhir terhadap material kayu yang rentan mengalami kerusakan atau patah.

Itu artinya, kayu yang berukuran kecil dan tipis bisa dihaluskan dengan menggunakan amplas P800. Namun, cara peng-amplasannya harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak struktur kayu.

Itu dia penjelasan singkat mengenai ukuran dan jenis amplas yang berdasarkan bahannya. Dengan begitu, kamu tidak akan salah lagi saat membeli amplas dipasaran.