Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Review Jenis-jenis Motif Lantai Linoleum

 

Motif lantai linoleum

Motif lantai linoleum – Pada dasarnya, jenis lantai linoleum memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena popularitas lantai linoleum kalah pamor dari lantai parket maupun lantai vinyl. Dari segi bentuknya, sekilas lantai linoleum ini memang tampak serupa dengan lantai vinyl.

Padahal, antara vinyl dengan linoleum merupakan dua material yang berbeda lho. Lalu, material linoleum terbuat dari bahan apa?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk lantai linoleum, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Material Lantai Linoleum

Material lantai Linoleum terbuat dari perpaduan bahan alami seperti linseed oil (minyak biji flax), resin pohon pinus, serat rami, mineral-pigmen, dan serbuk gabus. Ya, semua bahan tersebut direkatkan pada material berbahan dasar dari kain serat yang berupa kanvas.

Mengenal Material Lantai Linoleum

Itu sebabnya, mengapa penggunaan lantai Linoleum sudah terbukti ramah lingkungan. Menurut informasi yang didapat, penggunaan lantai Linoleum telah populer di kawasan Eropa sejak tahun 1860an. Sehingga tak heran jika penggunaan lantai Linoleum di Indonesia masih jarang terjadi.

Keunggulan Lantai Linoleum:

  • Materialnya yang ramah lingkungan
  • Mempunyai daya tahan yang mumpuni
  • Tersedia berbagai varian motif dan warna
  • Mudah dipasang dan dibersihkan
  • Tidak mempan terhadap serangan rayap
  • Sifatnya yang fleksibel

Kekurangan Lantai Linoleum:

  • Sulit dijumpai dipasaran
  • Permukaan warnanya mudah memudar
  • Menawarkan harga yang lebih mahal dari lantai vinyl

Baca juga: Ingin Tahu Keunggulan dan Kekurangan Woodplank? Yuk Kita Kepoin

Berbagai Macam Motif Lantai Linoleum

1. Lantai Linoleum Motif Papan Catur

Lantai Linoleum Motif Papan Catur

Ini dia salah satu motif lantai Linoleum yang paling laris dipasaran. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai Linoleum motif papan catur dapat membuat ruangan rumah tampak lebih unik dan menarik.

Penggunaan lantai Linoleum motif papan catur ini bisa kamu aplikasikan di berbagai ruangan rumah, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang lantai dua, dan lain sebagainya.

Untuk menciptakan kesan yang lebih minimalis, kamu dapat menempatkan furniture modern di ruangan sekitar.

2. Lantai Linoleum Motif Hexagon

Lantai Linoleum Motif Hexagon

Apakah kamu ingin mempercantik area kamar mandi? Jika iya, maka penggunaan lantai Linoleum dengan motif hexagon merupakan pilihan yang paling tepat.

Dengan menggunakan motif yang satu ini, tentu saja kamar mandimu akan tampak lebih cantik dan nyaman. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih lantai linoleum yang warnanya serasi dengan warna dinding kamar mandi.

3. Lantai Linoleum Motif Persegi

Lantai Linoleum Motif Persegi
foto@99.co

Lantai Linoleum dengan motif persegi dapat menciptakan kesan rustic khas pedesaan, sehingga sangat cocok diaplikasikan di berbagai ruangan rumah.

Terlebih untuk area dapur, yang mana lantai ini benar-benar sangat ideal diaplikasikan. Untuk menambah kesan natural, sebaiknya lantai Linoleum motif persegi dipadukan dengan furniture yang berbahan kayu solid.

4. Lantai Linoleum Motif Batu Alam

Lantai Linoleum Motif Batu Alam

Sebagaimana yang diketahui bahwa material batu alam itu kerap dibanderol dengan harga mahal. Oleh karenanya, lantai Linoleum dengan motif batu alam bisa kamu jadikan sebagai alternatif terbaiknya.

Lantai Linoleum motif batu alam sangat cocok diaplikasikan pada hampir semua ruangan rumah, mulai dari area ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur, kamar mandi, hingga dapur.

Dengan menggunakan lantai Linoleum motif batu alam, tentu saja tampilan interior rumahmu akan terkesan klasik dan natural.

5. Lantai Linoleum Motif Marmer

Lantai Linoleum Motif Marmer

Meski bukan marmer asli, namun lantai Linoleum motif yang satu ini tidak kalah cantiknya dengan material marmer sungguhan lho. Pasalnya, penggunaan lantai Linoleum motif marmer benar-benar dapat menciptakan kesan mewah dan elegan dalam hunian.

6. Lantai Linoleum Motif Polos

Lantai Linoleum Motif Polos

Untuk menghadirkan kesan ceria dan lebih dinamis di ruangan rumah, maka kamu bisa mencoba lantai Linoleum dengan motif polos. Kamu pun dapat menggunakan motif lantai Linoleum ini untuk berbagai ruangan rumah.

7. Lantai Linoleum Motif Kayu

Lantai Linoleum Motif Kayu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa lantai Linoleum motif kayu begitu kental dengan nuansa natural. Hal itu bukan tanpa alasan, karena motifnya benar-benar sangat mirip dengan lantai parket solid.

Itu sebabnya, mengapa lantai Linoleum motif kayu menjadi yang paling banyak dicari ketimbang motif lainnya.

Perbedaan Lantai Linoleum Dengan Vinyl

Perbedaan Lantai Linoleum Dengan Vinyl

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa lantai linoleum dengan lantai vinyl memiliki kesamaan dari segi bentuk.

Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara lantai Linoleum dengan vinyl seperti dibawah ini:

1. Bahan yang Digunakan

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride), yakni sejenis termo plastik yang dicampur dengan bahan kimia lainnya. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl memiliki tekstur yang cenderung elastis.

Berbeda dengan lantai Linoleum yang materialnya terdiri dari campuran bahan alami, seperti resin, serbuk kayu, oil linseed, dan bahan alami lainnya.

2. Proses Pemasangan

Dinilai dari proses pemasangan, sebenarnya lantai vinyl memang lebih mudah dibanding lantai Linoleum. Mengapa bisa demikian?

Pasalnya, lantai vinyl telah diengkapi fitur interlock yang dapat mengunci satu sisi dengan sisi lainnya secara kokoh. Itu artinya, proses pemasangan lantai vinyl hanya tinggal disambung saja.

Berbeda dengan lantai Linoleum yang tampil dalam bentuk lembaran, sehingga membutuhkan pengukuran serta pemotongan yang tepat.

3. Tingkat Ketahanan Terhadap Air

Selain unggul dari segi pemasangan, ternyata lantai vinyl juga lebih unggul dari lantai Linoleum untuk tingkat ketahanannya terhadap air. Ya, hal ini dikarenakan lantai vinyl telah dibekali dengan lapisan pelindung. Tentu saja lantai vinyl sangat cocok diaplikasikan di area yang basah maupun lembab, seperti kamar mandi dan dapur.

Tak seperti lantai Linoleum yang harus diberi perawatan ekstra karena permukaannya tidak mempunyai lapisan pelindung. Apabila sering terkena air dalam jangka waktu yang lama, maka lantai Linoleum ini akan melengkung dan mengelupas.

Baca juga: ketahui Perbandingan Lantai kayu dan Lantai Keramik

4. Proses Perawatan

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa lantai Linoleum tidak dibekali dengan lapisan pelindung. Secara otomatis, proses perawatan lantai vinyl lebih mudah dibandingkan lantai Linoleum.

Pasalnya, cara perawatan lantai vinyl hanya perlu di sapu dan di pel seperti biasa. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya pembersihan lantai vinyl menggunakan vacuum cleaner minimalnya dua minggu sekali.

5. Varian Motif yang Tersedia

Baik lantai vinyl maupun lantai Linoleum sama-sama menyediakan motif yang bervariasi, sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan konsep hunian.

Adapun mengenai berbagai motif yang disediakan oleh lantai Linoleum dan vinyl, seperti motif bebatuan, papan catur, marmer, granit, kayu, dan masih banyak lagi.

Itu dia penjelasan singkat mengenai seluk beluk lantai Linoleum beserta perbandingannya dengan lantai vinyl.

Jadi, apakah kamu lebih tertarik menggunakan lantai Linoleum atau lantai vinyl?