Fashion Blog

Mempercantik Area Outdoor Dengan Menggunakan Decking Tile


decking tile outdoor

Decking tile outdoor – Bagi sebagian pemilik rumah, mungkin area outdoor kerap disepelekan sehingga dibiarkan begitu saja.

Padahal, area outdoor juga memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan keindahan rumah lho. Oleh karenanya, area outdoor harus diberi sentuhan dekorasi untuk mempercantik tampilannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena area outdoor merupakan bagian pertama yang paling sering dilihat oleh orang lain.

Sebenarnya ada beragam jenis material yang bisa gunakan untuk memperindah area outdoor. Ya, salah satunya dengan menggunakan decking tile.

Lalu, apa yang dimaksud dengan decking tile?

Mengenal Decking Tile

Mengenal Decking Tile

Decking tile atau tile dek merupakan material yang umumnya digunakan sebagai pelapis lantai untuk area outdoor, seperti halaman, taman, dan lain sebagainya.

Sehingga tak heran jika decking tile selalu dijadikan alternatif sebagai pengganti papan kayu maupun material lainnya untuk menciptakan permukaan lantai yang tahan lama dan bernilai tinggi.

Keunggulan Decking Tile

  • Mudah Dipasang
Salah satu kelebihan utama dari decking tile adalah kemudahan pemasangan. Ia sering memiliki sistem kait atau penjepit yang memungkinkan menghubungkannya dengan mudah tanpa memerlukan keterampilan konstruksi khusus.
  • Mempertegas Kesan Natural
Decking tile tersedia dalam berbagai gaya, warna, dan tekstur. Ini dapat memberikan fleksibilitas dalam merancang tampilan lantai yang sesuai dengan selera dan gaya arsitektur.
  • Mudah Dirawat
Banyak jenis decking tile tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti perawatan kayu tradisional. Kamu mungkin tidak perlu merawat ulang atau melapisi permukaan mereka secara berkala.
  • Kuat dan Awet
Tergantung pada jenis material yang digunakan, decking tile dapat tahan terhadap cuaca, rayap, dan kerusakan lingkungan lainnya. Ini membuat mereka tahan lama dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Multifungsi
Decking tile cocok untuk berbagai area luar, termasuk dek, teras, area kolam renang, dan banyak lagi. Mereka juga dapat digunakan sebagai jalan setapak di taman.

Baca juga: Lagi Nyari Material Decking Terbaik Untuk Samping Kolam Renang? Ini Dia Rekomendasinya

Kekurangan Decking Tile

  • Harga yang cukup Mahal 
Beberapa jenis decking tile, terutama yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, dapat menjadi mahal dalam hal biaya per meter persegi dibandingkan dengan alternatif lain seperti kayu biasa.
  • Kualitasnya yang Tak Sama 
Kualitas decking tile bervariasi tergantung pada jenis material dan merek. Beberapa jenis mungkin lebih rentan terhadap keretakan atau perubahan warna dari waktu ke waktu.
  • Tingkat Kenyamanan yang Tak Sama
Beberapa jenis decking tile dapat terasa lebih keras atau tidak nyaman untuk berjalan telanjang kaki dibandingkan dengan kayu atau bahan lain yang lebih lembut.
  • Harus Diberi Perawatan Khusus
Meskipun perawatan decking tile umumnya lebih rendah daripada kayu tradisional, beberapa jenis mungkin tetap memerlukan pembersihan atau perawatan tertentu untuk menjaga tampilan dan kinerja mereka.
  • Keterbatasan Desain
Meskipun decking tile menawarkan berbagai gaya, warna, dan tekstur, ada keterbatasan dalam hal desain yang kompleks atau pola yang rumit.

Decking tile hadir kedalam berbagai ukuran dan model, serta sudah dilengkapi dengan sistem penjepit yang berfungsi untuk menghubungkan satu sama lainnya.

Selain itu, bahkan decking tile juga tersedia kedalam beberapa jenis bahan yang berbeda lho. Adapun mengenai jenis-jenis decking tile yang akan dibahas seperti berikut:

Jenis-jenis Decking Tile

1. Decking Tile Kayu Solid

Dari namanya saja sudah sangat jelas, jenis decking tile yang satu ini terbuat dari bahan kayu soild atau kayu asli. Akan tetapi, tidak semua jenis kayu cocok digunakan sebagai bahan baku untuk decking tile.

Decking Tile Kayu Solid

Itu artinya, hanya jenis-jenis kayu berkualitas tinggi saja yang cocok untuk decking tile, seperti kayu ulin, bengkirai, merbau, dan lain sebagainya.

Adapun mengenai produk decking tile yang kami sediakan, yakni berupa decking tile bengkirai dengan ukuran 1,9 x 7 x 30 cm.

Bagi anda yang berminat memesan decking tile kayu bengkirai, segera hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini

2. Decking Tile Komposit

Selintas decking tile komposit ini memang menyerupai decking kayu solid. Meski memiliki tampilan yang sama, nyatanya decking tile komposit terbuat dari campuran bahan serat kayu dengan plastik daur ulang.

Decking Tile Komposit

Mengingat materialnya yang terbuat dari perpaduan serat kayu dan plastik daur ulang, tentu saja decking tile komposit tahan terhadap faktor cuaca maupun serangan rayap.

Bukan hanya itu, bahkan tingkat perawatan decking komposit juga lebih mudah dibanding decking kayu solid.

3. Deckig Tile PVC

Deckig Tile PVC

Tak berbeda jauh dengan decking tile komposit, yang mana decking tile PVC juga terbuat dari bahan olahan plastik yang diolah sedemikian rupa sehingga tampilannya mirip dengan kayu asli.

Namun, tingkat keindahan dan ketahanan decking tile PVC ini tidaklah sebagus decking kayu solid. Itu sebabnya, mengapa decking tile PVC menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Jenis-jenis Pipa PVC Untuk Kebutuhan Saluran Air

4. Decking Tile Rumput Sintetis

Jenis decking tile selanjutnya yang akan dibahas, yakni berupa decking tile rumput sintetis. Produk ini biasa disebut dengan istiah “grass pavers” atau “grass decking tile”.

Decking Tile Rumput Sintetis

Walaupun bukan tumput asli, namun penggunaan decking tile rumput sintetis ini masih tetap menghadirkan kesan natural.

Tentu saja produk yang satu ini sangat ideal diaplikasikan pada berbagai area outdoor, seperti teras, halaman, pinggiran kolam renang, dan lain sebagainya.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menggunakan decking tile?

Demikianlah ulasan singkat mengenai decking tile beserta jenis-jenisnya, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.