Fashion Blog

Yuk, Kita Kepoin Jenis-jenis Lantai Karet Untuk Kebutuhan Hunian

jenis lantai karet

Jenis lantai karet – Karet yang selama ini kita ketahui merupakan sebuah material dengan tekstur lentur dan empuk. Material karet terbuat dari getah pohon karet yang diproses sedemikian rupa.

Mengingat sifatnya yang lentur dan empuk, maka tak heran jika material kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ya, salah satunya sebagai alas lantai. Nah, secara kebetulan juga akan membahas seputar jenis-jenis lantai karet.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

3 Jenis Lantai Karet

1. Rubber Floor Rolls

Jenis lantai karet pertama yang akan dibahas, yakni bernama Rubber Floor Rolls. Lantai karet ini sangat ideal diaplikasikan untuk menutupi area yang lebih luas.

Rubber Floor Rolls

Rubber Floor Rolls memiliki sedikit jahitan ketimbang dengan jenis rubber flooring lainnya. Tak hanya itu, ia juga dinilai lebh ekonomis dan mengusung bentuk lembaran yang berukuran luas.

Dikarenakan ukurannya yang lebih lebar, tentu saja Rubber Floor Rolls bisa dengan mudah menutupi ruangan rumah secara keseluruhan hanya dalam satu atau dua gulungan saja.

Namun, pada tahap pemasangan Rubber Floor Rolls ini harus dilakukan oleh para tukang yang memang ahli dibidangnya.

Baca juga: Yuk, Kita Bahas Jenis-jenis Bahan Karpet

2. Rubber Floor Mats

Rubber Floor Mats merupakan jenis lantai keset yang biasanya diaplikasikan pada permukaan lantai keras dan rata.

Rubber Floor Mats

Dalam proses pemasangannnya, maka Rubber Floor Mats akan diberi bantalan dengan ketebalan ekstra di area tersebut.

Rubber Floor Mats tersedia kedalam berbagai ukuran, sehingga bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ya, mulai dari 3 x 6 dengan ketebalan yang juga bervariasi, yakni mulai dari 2 inci.

Jenis lantai karet yang satu ini dapat kamu aplikasikan pada berbagai ruangan rumah, seperti kamar tidur, ruang tengah, dan lain sebagainya.

3. Rubber Floor Tile

Ini dia salah satu jenis lantai karet yang memang paling laris dipasaran. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Rubber Floor Tile menyuguhkan ukuran serta desain yang begitu elegan dan nyaman.

Rubber Floor Tile

Rubber Floor Tile juga tersedia kedalam berbagai ukuran pilihan, mulai dari 12 x 12, 18 x 18, hingga 36 x 36. Bahkan yang lebih menariknya lagi, proses pemasangan Rubber Floor Tiles ini terbilang mudah.

Pasalnya, Rubber Floor Tiles memiliki sistem klik yang saling terkait satu sama lainnya, serta memiliki bagian tepi yang bisa dilepas sehingga dapat memudahkan proses bongkar pasang.

Baca juga: Mempercantik Area Outdoor Dengan Menggunakan Decking Tile

Nilai Plus Lantai Karet:

* Tahan Lama

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa lantai karet terbuat dari getah pohon karet.

Nah, karena hal inilah yang membuat lantai karet mampu bertahan hingga 50 tahun lamanya. Ia juga tidak memiliki pori-pori sehingga sifatnya tahan terhadap air maupun berbagai jenis cairan lainnya.

Bahkan lantai karet sudah terbukti tahan noda dan tidak mudah mengalami kerusakan.

* Tidak Menimbulkan Suara Berisik

Disamping tahan lama, lantai karet juga memiliki sifat yang mampu menyerap suara. Tentu saja Rubber Flooring sangat cocok diaplikasikan pada kamar tidur karena tidak akan menimbulkan suara bsing.

* Mudah Dipasang

Bagi kamu yang menginginkan kepraktisan dan menghemat waktu, maka Rubber Flooring ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat memasang Rubber Flooring seorang diri.

* Anti Selip

Nilai plus berikutnya dari lantai karet yang harus kamu ketahui, yakni memiliki fitur anti selip sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada pijakan kaki.

* Ramah Lingkungan

Dikarenakan bahan bakunya yang berasal dari karet, tentunya lantai karet lebih ramah lingkungan karena bisa di daur ulang.

Dengan menggunakan lantai karet, secara tidak langsung kamu juga telah ikut berperan dalam menjaga serta melestarikan lingkungan.

Nilai Minus Lantai Karet:

* Menimbulkan Bau Menyengat

Kabarnya, ada beberapa jenis lantai karet yang masih menyisakan aroma menyengat. Tentunya hal tersebut cukup mengganggu tingkat kenyamanan.

Munculnya bau menyengat tersebut menjadi pertanda, bahwa lantai karetnya memiliki kualitas yang tidak bagus.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena bau menyengat karet berasal dari sisa produksinya yang belum sempat dihilangkan sehingga dapat mempengaruhi kualitas.

Untuk mengurangi aroma menyengat pada lantai karet, kamu bisa mencuci dan menjemurnya terlebih dulu sebelum digunakan.

* Mudah Terbakar

Walaupun lantai karet bisa diaplikasikan di hampir semua tempat, namun ia memiliki sifat yang mudah terbakar lho!

Oleh karena itu, lantai karet jangan dipasang di area yang dekat dengan pemanas ruangan maupun sumber panas lainnya.

* Banyaknya Noda yang Terselip

Pada umumnya, lantai karet memang dirancang dengan menggunakan rongga atau sekat kecil. Namun, rongga tersebut sering menjadi tempat persembunyian terhadap noda-noda yang terselip.

Alhasil, noda-noda yang terselip ini akan cukup sulit utuk dihilangkan sehingga membuat tampilan lantai karet terlihat kusam dan kotor.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai jenis-jenis lantai karet beserta plus minusnya.

Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk menggunakan lantai karet?