Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Jenis-jenis Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah

Lantai balkon rumah

Lantai balkon rumah – Masih banyak yang beranggapan bahwa teras rumah dengan balkon itu adalah hal yang sama. Padahal, pada masing-masingnya memiliki perbedaan lho.

Perlu diketahui, teras merupakan sebuah bangunan yang permukaannya agak lebih tinggi dari tanah disekelilingnya. 

Selain itu, penempatan teras juga kerap diaplikasikan pada area belakang dan depan rumah.

Berbeda dengan balkon, dimana ia merupakan bagian tambahan dari sebuah bangunan yang cenderung keluar dan tampak menempel pada dinding bangunan. 

Lalu, bagaimana dengan fungsinya..??

Perbedaan Fungsi Teras Rumah Dengan Balkon

Pada umumnya, teras rumah difungsikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi seperti merawat tanaman hias, mengelola ikan hias, dan lain sebagainya. 

Sedangkan balkon biasanya digunakan sebagai spot santai, seperti menikmati pemandangan disekitar, menikmati udara segar, dan lain sebagainya.

Dilihat dari segi ukurannya, teras memang memiliki ukuran yang lebih besar dan luas ketimbang balkon. 

Walaupun berbeda dari segi ukuran, fungsi dan penempatan, namun keduanya sangat ideal untuk ditambahkan pada sebuah bangunan.

Nah, untuk mempersinkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai jenis material terbaik untuk lantai balkon rumah. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah

1. Deck Wood (Decking Kayu)

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah - decking kayu
Salah satu hasil pemasangan decking kayu pada balkon disebuah hunian oleh PT Rajawali Parquet

Deck wood atau yang biasa disebut dengan decking merupakan material penutup lantai berbahan kayu solid. 
Dengan kata lain, decking kayu solid terbuat dari bahan kayu asli yang tidak dicampur dengan bahan material lainnya. 

Mengingat materialnya yang terbuat dari kayu asli, sudah pasti tingkat kekuatan dan keawetan produk decking tersebut sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Tak hanya unggul dari segi kekuatan dan keawetan, penggunaan decking kayu juga tentunya dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural.

Biasanya produk decking kayu akan diaplikasikan untuk area outdoor, seperti halaman, taman, balkon, rooftop, hingga pinggiran kolam. 

Ada banyak sekali jenis decking kayu yang dapat kita temu dipasaran. 

Akan tetapi, jenis decking yang paling banyak diminati oleh konsumen untuk pemasangan area outdoor, seperti decking ulin, decking merbau, decking bengkirai, dan decking keruing.

Artikel Terkait : Decking Bengkirai dan Harga Jualnya

2. Lantai Marmer

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah - lantai marmer

Untuk anda yang ingin menonjolkan sisi kemewahan pada area balkon, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan paling tepat. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai marmer memiliki kilauan bening sehingga dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. 

Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Ya jelas demikian, sebab ketersediaan bahan baku marmer yang sangat terbatas.

Tak hanya menciptakan nuansa yang mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama lho. 

Akan tetapi, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Itu artinya, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian? 

Pasalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

3. Lantai Keramik

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah - keramik

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan material keramik? Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini. 

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat sebagian besar rumah-rumah di Indonesia memang menggunakan bahan keramik sebagai penutup lantainya.

Lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah. 

Selain kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep balkon.

Adapun mengenai berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif bebatuan, kayu-ayuan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ketahui Perbandingan Lantai Kayu dan Lantai Keramik

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling populer di pasaran.

4. Lantai Semen (Lantai Plester)

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah - lantai semen

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa lantai semen merupakan jenis lantai paling sederhana dan juga paling murah dari segi biaya. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena proses pengerjaan lantai plester ini tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di-aci hingga halus.

Namun, terdapat juga perbedaan pada diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Untuk proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan hingga halus dan mengkilap. 

Dengan demikian, maka warna yang dihasilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

Pada beberapa peneriapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. 

Itu sebabnya mengapa keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yaitu pasir dan semen.

5. Lantai Granit

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah - lantai granit

Tak berbeda jauh dengan lantai marmer, yang mana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas mewah. 

Akan tetapi, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit pun dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama. 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif dengan harga lebih murah.

6. Decking WPC

6 Material Terbaik Untuk Lantai Balkon Rumah - decking wpc

Jika dilihat dari segi tampilannya, sekilas deckin WPC ini memang tampak serupa dengan decking kayu solid. 

Padahal, sebenarnya decking WPC ini bukanlah bagian dari produk decking kayu solid lho. Perlu anda ketahui, istilah WPC ini merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite.

Artikel Terkait : Perbedaan Decking Kayu dan Decking WPC

Dengan kata lain, WPC adalah gabungan antara bahan plastik dan kayu. Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material baru yang bernama WPC.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat biaya produksi dalam pengolahan material kayu asli yang begitu tinggi, sehingga WPC pun menjadi salah satu alternatif pengganti terbaiknya.

Menurut informasi yang didapat, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. 

Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli lho.

Material WPC umumnya diaplikasikan untuk berbagai produk interior maupun ekesterior, seperti lantai, dinding, plafon, pagar, dan decking.

Nah, itulah beberapa meterial terbaik untuk lantai balkon rumah yang paling recommended, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.