Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ini Dia Berbagai Desain Interior dan Exterior Rumah yang Paling Banyak Diminati

 

Desain Interior dan Exterior Rumah

Desain Interior dan Exterior Rumah – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memiliki sebuah hunian yang nyaman dan indah itu menjadi dambaan bagi setiap orang. Sehingga tak heran jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hunian impiannya tersebut.

Berbicara soal tingkat kenyamanan dan keindahan pada sebuah hunian, tentunya tidak lepas dari desain interior serta exteriornya.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa ide desain interior dan exterior yang paling banyak diminati. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Desain Interior Rumah

1. Interior Rumah Bergaya Bohemian

Desain Interior Rumah - bergaya bohemian

Desain interior rumah pertama yang dapat anda coba, yakni bergaya bohemian. Pada umumnya, konsep rumah Bohemian ini sering bersumber dari penggunaan furniture maupun dekorasi yang bersifat etnik atau klasik.

Bukan hanya itu, terdapat juga permainan warna yang beragam sehingga dapat menciptakan nuansa kebebasan. Seperti halnya penggunaan karpet hingga kain-kain yang tampil dengan warna menonjol pun sering digunakan untuk mempertegas nuansa Bohemian.

Namun, dengan banyaknya warna yang hadir di dalam satu ruangan malah akan membuat kesan penuh lho. Apalagi ditambah dengan kehadiran berbagai jenis furniture dan dekorasi yang cukup banyak, sehingga desain rumah Bohemian ini menjadi sumpek dan sempit.

Meski demikian, desain rumah bergaya Bohemian ini benar-benar menghadirkan tingkat keindahan yang tiada duanya.

Baca Juga : Langkah Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

2. Desain Interior Rumah Bergaya Klasik

Desain Interior Rumah - bergaya klasik

Meski kehidupan yang sekarang ini berada di era modern, ternyata masih banyak orang-orang yang sangat tertarik untuk menciptakan desain klasik pada interior rumahnya lho.

Biasanya desain rumah bergaya klasik atau Vintage kerap bermain dengan warna lembut yang cukup bervariasi pada elemen furniture. Adapun mengenai warna lembut yang kerap diaplikasikan pada ruah bergaya Vintage seperti merah hati, kuning muda, biru langit, dan pink pastel.

Tak berbeda jauh dengan gaya bohemian, yang mana pada desain klasik ini selalu banyak menggunakan warna sehingga membuat ruangan terkesan sempit. Begitu juga dengan banyaknya penggunaan dekorasi yang bertujuan untuk meningkatkan nilai estetik, seperti guci berukuran besar, patung, vas bunga, dan lain sebagainya. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika rumah yang mengusung desain Vintage ini selalu terkesan penuh dan sumpek. Untuk urusan keindahan, maka desain interior klasik ini adalah juaranya.

3. Desain Interior Rumah Bergaya Minimalis Modern

Desain Interior Rumah - bergaya minimalis modern

Ini dia salah satu desain interior yang kerap diaplikasikan pada rumah-rumah di perkotaan besar. Ya jelas demikian, sebab keterbatasan lahan diperkotaan telah memaksa kita untuk tinggal di sebuah rumah tipe minimalis.

Meski ukurannya tidak terlalu luas, namun desain interior rumah minimalis modern ini benar-benar menghadirkan nuansa yang begitu stylish dan elegan lho. Biasanya interior rumah minimalis kerap mengusung warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, hingga perpaduan keduanya.

Bukan hanya itu, interior rumah bergaya minimalis juga tidak akan terlalu banyak menggunakan furnitutre maupun dekorasi pada dinding. Dengan kata lain, interior bergaya minimalis tampil lebih simple namun masih tetap memiliki nilai estetika.  

Baca juga : Inspirasi Desain Ruang TV Minimalis Modern yang Wajib Dicoba

4. Desain Interior Rumah Bergaya Skandinavian

Desain Interior Rumah - Bergaya Skandinavian

Pada dasarnya, desain interior rumah yang satu ini cukup mirip dengan rumah bergaya minimalis. Hal itu bisa dilihat pada kedua desain interior tersebut yang sama-sama mengusung warna netral seperti putih dan cokelat.

Tak hanya itu, desain interior Skandinavian juga tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi, kecuali dekorasi tambahan untuk sofa seperti kain panjang. Dengan menonjolkan nuansa yang simple dan luas, tentu saja desain interior Skandinavian sangat ideal untuk mereka kaum urban yang tinggal di area pemukiman padat penduduk.

Meski terdapat beberapa kesamaan, namun ada pula perbedaan antara desan Skandinavian dengan minimalis.

Salah satu perbedaannya terdapat pada elemen alami yang akan dihadirkan di dalam interiornya, seperti penggunaan lantai kayu parket. Mengapa demikian..??? Pasalnya, penggunaan lantai kayu parket dapat mempertegas nuansa alami, elegan dan kemewahan.

Artikel Terkait : Daftar Harga Lantai Kayu dan Biaya Pasang

Desain Exterior Rumah

1. Desain Exterior Rumah Bergaya Kontemporer

Desain Exterior Rumah - Bergaya kontemporer

Desain exterior rumah bergaya Kontemporer memang kental dengan nuansa modern. Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain interior rumah yang satu ini selalu fokus terhadap kekontrasan antara warna dinding maupun furniture.

Dengan begitu, maka akan menciptakan ilusi seolah-olah ruangan terlihat lebih penuh. Dalam desain Kontemporer, biasanya terdapat beberapa elemen yang akan menghiasi ruangan seperti wol, sutera, hingga beludru.

Itu sebabnya, mengapa desain interior rumah Kontemporer sering diterapkan pada daerah-daerah dengan iklim sejuk.

Artikel Menarik Lainnya : Rekomendasi Desain Villa Ala Bali yang Memukau dan Menakjubkan

2. Desain Exterior Rumah Bergaya Mid Century

Desain Exterior Rumah - Bergaya mid century

Menurut kabar yang beredar, gaya arsitektur rumah Mid Century ini mulai populer di tahun 1945 hingga 1980an. Awalnya arsitektur Mid Century ini dianggap sebagai solusi untuk menghadirkan perubahan sosial yang berdampak pada lingkungan masyarakat menjadi lebih baik.

Terdapat beberapa ciri khas dari desain rumah bergaya Mid Century, seperti jendela kaca berukuran besar, ruang terbuka, dan dibangun pada bidang datar dengan model bangunan yang datar juga. Dengan begitu, desain rumah Mid Century ini dapat menghadirkan kesan simplisitas yang terintegrasi dengan alam.

3. Desain Exterior Rumah Bergaya Mediteranian

Desain Exterior Rumah - Bergaya meditaranian

Desain bangunan rumah Mediteranian ini terinpirasi dari gaya arsitektur khas Spanyol, Italia, dan Portugal yang mulai populer di tahun 1940an. Elemen utama pada rumah bergaya Mediteranian berupa atap keramik berwarna merah, karena mampiu menghadirkan nuansa yang lebih elegan.

Jenis atap yang digunakannya berupa genteng tanah liat dengan bentuk seperti setengah tabung. Pasalnya, penggunaan jenis atap tersebut bertujuan untuk memudahkan air turun serta memastikan sirkulasi udara berjalan lancar.

Tak hanya itu, exterior rumah khas Mediteranian juga kerap menggunakan dinding plester agar tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Desain Exterior Rumah Bergaya Eropa

Desain Exterior Rumah - Bergaya eropa

Inilah salah satu ciri khas dari exterior rumah bergaya Eropa yang masih bertahan hingga sampai sekarang. Mengngat kebanyakan bangunannya yang berukuran besar, sehingga tak heran jika rumah khas Eropa selalu ditopang oleh menara atau pilar pada bagian depan terasnya.

Biasanya pilar rumah khas Eropa terdiri dari 2 buah, yaitu di sebelah kanan dan kiri akses pintu masuk. Pilar tersebut benar-benar menjulang tinggi mulai dari permukaan tanah sampai lantai, bahkan hingga mencapai bagian atap.

Adapun mengenai bentuk pilarnya yang menyerupai silinder atau hexa. Namun, bentuk tersebut akan disesuaikan dengan desain rumah khas Eropa itu sendiri. Selain diletakkan di area luar, tak jarang pula rumah khas Eropa yang menggunakan pilar di dalam rumah sebagai pembatas antar ruangan.

Di negara Indonesia, rumah-rumah dengan desain pilar yang menjulang tinggi ini bisa kita jumpai pada komplek perumahan-perumahan elit.

Nah, itulah beberapa ide desain interior dan exterior rumah yang paling banyak diminati, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.