Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Melihat Segudang Manfaat Kayu Angsana

Melihat Segudang Manfaat Kayu Angsana

Manfaat Kayu Angsana – Mengingat kawasan hutan di negara Indonesia yang sangat luas, maka tak heran jika ada banyak sekali jenis-jenis kayu yang tersedia dipasaran.

Secara otomatis pada masing-masing jenis kayu tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari tekstur, tingkat kekuatan, tingkat kekerasan, tingkat keindahan, warna, hingga pola sertanya. Tak cuma itu, bahkan harga kayu dipasaran juga sangatlah bervariasi.

Apabila sebuah kayu dimasukan kedalam kategori kelas premium, tentu saja harga yang ditawarkannya pun akan mahal. Lantas, bagaimana dengan kayu angsana?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai karakteristik hingga pemanfaatan kayu angsana, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal Usul Pohon Kayu Angsana

asal-usul Pohon Kayu Angsana

Pada dasarnya, pohon angsana merupakan salah satu spesies pohon yang dapat beradaptasi pada lingkungan hutan hujan tropis. Adapun mengenai penyebarannya mulai dari Myanmar, Indonesia, kawasan Asia Tenggara lainnya, Pasifik Barat, Cina Selatan, Kepulauan Solomon, dan Ryukyu.

Untuk keberadaannya di Indonesia, pohon ansana ini tumbuh subur di kawasan hutan dengan ketinggian 500 mdpl. Seperti hutan belantara Jawa Tengah, Jawa Timur, hutan Kalimantan, hingga kawasan Indonesia Timur.

Tak hanya itu, kayu angsana juga memiliki beragam nama yang berdasarkan daerahnya seperti berikut:

  • Nama kayu angsana di Aceh : kayu sana
  • Nama kayu angsana di Sumatera Utara : kayu hasona
  • Nama kayu angsana di Sumatera Barat : kayu langsano
  • Nama kayu angsana di Jakarta : kayu babaksana / angsana
  • Nama kayu angsana di Pulau Jawa : kayu sanakembang / sonokembang
  • Nama kayu angsana di NTT : kayu ai na
  • Nama kayu angsana di Ambon : kayu lalan
  • Nama kayu angsana di Halmahera : kayu ligua
  • Nama kayu angsana di Maluku : kayu linggua

Proses budi daya pohon angsana dilakukan secara alami, yaitu dengan penyebaran bibitnya berupa biji. Sedangkan sebaran buatannya menggunakan stek cabang maupun ranting. Seiring dengan berjalannya waktu, kini pohon angsana juga tersebar ke berbagai belahan negara, seperti Jepang, Hawaii, Amerika Tengah, Taiwan, India, Sri Lanka, dan Afrika.

Baca Juga : Mengenal Lantai Kayu Sonokeling - Kayu Eksotis

Keunikan Pohon Kayu Angsana

Keunikan Pohon Kayu Angsana

Menurut kabar yang beredar, pohon angsana ini dapat tumbuh dengan ukuran besar yang memiliki tajuk lebat meyerupai kubah. Bukan hanya itu, ia juga mempunyai cabang-cabang merunduk yang mengarah ke bawah tanah. Adapun mengenai ciri khas lainnya seperti berikut :

  • Ukuran tinggi pohon angsana bisa mencapai 40 meter dengan gemang sampai 3,5 meter
  • Bagian batangnya teradapat alur dan berbonggol dengan akar papan atau banir
  • Kulit kayunya berwarna abu-abu kecoklatan, memecah seperti sisik halus dan mengeluarkan getah bening berwarna merah saat disobek atau disayat
  • Daun angsana memiliki sifat majemuk dan menyirip gasal, sedangkan ukuran panjangnya berkisar 12 – 13 cm
  • Tampilan bunganya berkelamin ganda dengan warna kuning, serta memiliki aroma harum yang khas
  • Sedangkan wujud buahnya berbentuk bulat pipih yang dikelilingi sayap tipis seperti kertas, dengan ukurannya yang berdiameter 6 cm dan tidak akan pecah ketika matang.

Kandungan Senyawa Pada Pohon angsana

  • Senyawa Loliolide dan paniculata diol yang ada di bagian daun
  • Senyawa Lupeol dan Phytol Ester yang terdapat pada bunga
  • Senyawa formononetin, iso liquiritegenin, hydroxyl hydra topic acid, dan aryl benzofuran yang ada di bagian batangnya.

Pemanfaatan Pohon Angsana

Manfaat Bagian Kayu

Manfaat Bagian Kayu

Kayu Angsana ini memang terkenal dengan teksturnya yang begitu kuat dan kokoh, sehingga tak heran jika ia selalu digunakan untuk bahan baku pembuatan produk mebel dan konstruksi rumah. Tak hanya itu, bahkan kayu Angsana juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan kelembapan.

Itu sebabnya, mengapa kayu Angsana sangat ideal digunakan untuk produk mebel seperti kursi, lantai, lemari, meja, dan lain sebagainya. Di wilayah Indonesia Timur seperti NTT, kayu Angsana ini biasa digunakan untuk bahan konstruksi rumah, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, dan furniture. Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat sifat kayu Angsana yang sangat kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Lantai Kayu Parket

Manfaat Bagian Serat dan Kulit

Manfaat Bagian Serat dan Kulit

Tak banyak yang tahu bahwa kulit dan serat pohon Angsana ini dapat digunakan untuk berbagai produk kerajinan tangan. Menurut informasi yang didapat, kulit dan serat kayu Angsana bisa diolah menjadi beragam bentuk kerajinan, seperti mainan, kotak pensil, kursi jalin, dan lain sebagainya.

Manfaat Bagian Getah dan Daun

Manfaat Bagian Getah dan Daun

Selain kulitnya, ternyata getah pohon Angsana juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lho. Ya, getah pohon padauk tampil dengan warna merah kino. 

Di daerah Kalimantan, biasanya getah pohon Angsana ini sering digunakan sebagai pewarna alami untuk untuk kebutuhan tekstil hingga para pengrajin keranjang tradisional.

Adapun mengenai manfaat getah dan daun angsana untuk bidang kesehatan seperti di bawah ini:

1. Mampu Meredakan Rasa Sakit Akibat Peradangan

Seperti yang dilansir dari salah satu situs kesehatan ternama dunia, menyebutkan bahwa kandungan anti inflamasi pada daun angsana terbukti ampuh untuk meredakan rasa sakit atau rasa perih pada peradangan.

Artikel Menarik Lainnya : Inilah Kehebatan Kayu Bengkirai dan Kayu Keruing

2. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk anda yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, maka anda harus mencoba mengobati masalah sembelit tersebut dengan menggunakan daun angsana. Hal itu bukan tanpa alasan, karena daun padauk memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi.

Nah, kandungan anti bakteri tersebutlah yang bertugas untuk mengatasi masalah sembelit akibat adanya bakteri jahat di dalam usus. Lantas, bagaimanakah cara pengobatannya? Untuk cara pengobatannya, anda hanya perlu meminum air rebusan daun angsana secara rutin dan teratur.

3. Dapat Meredakan Sakit Gigi

Manfaat yang satu ini bisa anda dapatkan pada bagian getah pohon angsana. Pasalnya, getah pohon angsana sudah terbukti cukup ampuh untuk meredakan rasa sakit gigi. Mengenai cara pengobatannya, silahkan oleskan getah pohon angsana pada bagian gigi atau gusi yang terasa sakit. Dengan begitu, maka rasa sakitnya akan berangsur-angsur mereda.

4. Mampu Mengobati Luka Bakar

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa daun angsana memilki kandungan mineral cukup tinggi sehingga diyakini dapat meredakan rasa sakit akibat luka bakar. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, daun angsana, ini sudah terbukti mampu mempercepat proses re-generasi sel kulit mati lho.

5. Untuk Mengobati Sariawan

Manfaat daun angsana, berikutnya untuk kesehatan, yakni dapat mengobat sariawan. Pasalnya, daun pohon angsana memiliki sifat anti bakteri. Adapun mengenai cara pengobatan sariawan, yakni berkumur dengan air rebusan daun angsana yang dilakukan secara berkala. 

Nah, itulah beragam pemanfaatan pohon kayu angsana untuk berbagai bidang, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.