Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Beberapa Langkah Mudah Untuk Mengusir & Mencegah Rayap di Rumah

 

Mengusir & Mencegah Rayap di Rumah

Tips mengusir rayap kayu – Ada sebuah peribahasa “dimana gula disitu ada semut”. Ya, peribahasa tersebut juga sangat cocok ditujukan pada material kayu dan rayap, “dimana ada kayu disitu ada rayap“. 

Kayu memang menjadi salah satu makanan empuk bagi kawanan rayap. Kayu yang diserang oleh hama rayap akan membuat struktur dalamnya keropos. Semakin dalam kerusakannya, maka akan semakin rapuh pula daya tahan kayu tersebut.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengusir kawanan rayap tersebut. Lantas, bagaimana caranya?

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa langkah mudah yang ampuh mengusir rayap di rumah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

7 Tips Mengusir & Mencegah Rayap

1. Menggunakan Obat Anti Rayap

Langkah mudah pertama yang dapat kamu lakukan untuk megusir rayap di rumah, yakni dengan menggunakan obat anti rayap. Kamu pun bisa menemukan obat anti rayap tersebut di toko-toko bahan kimia atau di onlineshop. Harga yang ditawarkannya cukup bervariasi, mulai dari yang termurah sampai yang termahal.

Menggunakan Obat Anti Rayap

Akan tetapi, penggunaan obat anti rayap ini dapat menimbulkan bau menyengat yang dapat mengganggu pernafasan. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan masker saat menyemprotkan obat anti rayap kedalam sarangnya.

Baca Juga : Rekomendasi Lantai Kayu Anti Rayap

2. Menggunakan Air Cucian Beras

Tak banyak orang yang tahu, bahwa air cucian beras dapat digunakan untuk membasmi rayap. Nah, setelah selesai menuci beras, mulai saat ini bekas air cucian tersebut jangan langsung kamu buang. Sebaiknya kamu gunakan air cucian berasnya untuk membasmi rayap.

Menggunakan Air Cucian Beras

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyemprotkan air cucian beras tadi ke area-area yang menjadi sarang rayap. Dengan begitu, maka keberadaan rayap akan berangsur-angsur berkurang bahkan bisa hilang untuk selamanya lho.

3. Menggunakan Daun Salam & Kemangi

Selain itu, cara alami paling ampuh berikutnya yang bisa kamu coba untuk membasmi rayap di rumah yakni dengan menggunakan daun salam dan daun kemangi.

Menggunakan Daun Salam & Kemangi

Cara kerjanya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal meletakan daun salam dan daun kemangi tersebut ke furniture kayu seperti meja, lemari, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, cara yang satu ini sama sekali tidak akan menimbulkan bau terhadap furniture kayunya.

4. Perbaiki Retak yang Ada di Lantai Keramik

Kondisi lantai keramik yang telah rusak akan menyebabkan uap air dapat dengan mudah masuk ke rumah, sehingga suhu dalam rumah akan menjadi lembap. Apalagi jika rumahmu itu mengalami kebocoran pada pipa tertentu, yang tentu saja kadar kelembapan di rumah menjadi semakin tinggi.

Perbaiki Retak yang Ada di Lantai Keramik

Jika kondisi terebut dibiarkan, tentu saja akan mengundang rombongan rayap untuk masuk kedalam rumah dan menyerang semua perabotan yang berbahan kayu. Maka dari itu, kamu jangan pernah menganggap remeh kerusakan sedikitpun pada keramik dan pipa.

Pasalnya, dengan memperbaiki kerusakan pada keramik terbukti cukup efektif untuk membasmi rayap sebelum mereka membangun koloninya. Tak hanya keramik, mencegah kebocoran pada pipa rumah juga bertujuan agar tidak terjadi perembesan kemana-mana.

Baca Juga : Ketahui Perbandingan Lantai Kayu & Lantai Keramik

5. Pastikan Terdapat Pencahayaan Alami yang Memadai

Menurut informasi yang di dapat, sebenarnya rayap itu sangat senang berada di tempat yang lembap dan minim terkena sinar matahari. Apabila dirumahmu ada banyak perabotan yang berbahan kayu, maka salah satu cara alami paling tepat untuk membasminya, yakni dengan membangun ventilasi yang memadai.

Pastikan Terdapat Pencahayaan Alami yang Memadai

Dengan demikian, maka sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah. Hasilnya, semua furniture dan perabotan kayu yang ada di dalam rumahmu akan aman dari serangan hama rayap. Seandainya ada beberapa perabotan kayu yang sudah termakan rayap, segera jemur perabotan tersebut pada ruang terbuka. Mengapa demikian?

Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar perabotannya langsung terkena sinar matahari untuk mengusir semua rayap yang ada di dalamnya.

6. Pastikan Tidak Ada Genangan Air Dihalaman Rumah

Menurut informasi yang didapat, genangan air di area halaman rumah menjadi media yang dapat mendukung rayap untuk berkembang biak dengan cepat.

Pastikan Tidak Ada Genangan Air Dihalaman Rumah

Oleh karenanya, kamu harus memastikan bahwa area halaman rumah sudah terbebas dari genangan air. Ya entah itu di halaman maupun di selokan. Terlebih jika musim penghujan tiba, sehingga rumahmu harus ada tempat penampungan air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan.

Disamping itu, jangan lupa juga untuk membersihkan area selokan secara rutin. Sebab selain dapat membasmi keberadaan rayap, tingkat kebersihan pada selokan juga tentunya dapat membasmi nyamuk.

7. Perbaiki Retak yang Ada di Dinding

Masih banyak para pemilik rumah yang tak menyadari adanya keretakan pada dinding rumah. Padahal, dinding retak inilah yang menjadi jalan masuk bagi gerombolan rayap untuk masuk kedalam rumah. Sehingga kamu akan kewalahan dalam mencari cara membasmi rayap saat koloninya sudah terbentuk.

Perbaiki Retak yang Ada di Dinding

Oleh karena itu, kamu wajib memeriksa setiap sisi dinding rumah dengan teliti. Seandainya terdapat celah atau keretakan, segera tutupi dengan semen putih. Jika tidak tahu caranya, kamu pun bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang memang lebih ahli dalam bidang tersebut.

Baca Juga : Kenali 3 Jenis Dinding Parquet Ini Sebelum Menggunakannya

Nah, seperti itulah beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengusir dan mencegah gerombolan rayap.