Fashion Blog

Referensi Desain Dinding Roster Untuk Mempercantik Hunian

Desain dinding roster

Desain dinding roster – Di era yang serba modern seperti sekarang ini, tentu saja ada beragam material yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan interior maupun eksterior rumah.

Roster menjadi salah satu material yang belakangan ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat untuk menunjang kebutuhan interior dan eksterior huniannya.

Namun yang menjadi pertanyaannya, roster itu apa sih? Dan untuk apa fungsinya? Nah, biar lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Roster

Perlu diketahui, roster atau Loster merupakan sebuah partisi yang berfungsi sebagai penyekat antar ruang. Tak hanya itu, roster juga kerap diaplikasikan sebagai pagar rumah.

Umumnya roster memiliki rongga atau lubang yang ada di bagian tengahnya. Lubang atau rongga tersebut berfungsi untuk menciptakan sirkulasi udara, sehingga suhu didalam ruangan terasa sejuk.

Adapun tingkat keindahan roster tergantung dari motif maupun desain yang digunakan.

7 Desain Dinding Roster Terbaik

1. Desain Roster Kayu

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa kayu merupakan salah satu jenis material alami yang kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi dan bangunan, termasuk dinding roster.

Desain Roster Kayu
foto@Dekoruma

Selain dapat mempercantik tampilan rumah, keberadaan roster kayu juga berfungsi sebagai penghasil sirkulasi udara dan pengatur pencahayaan di siang hari.

Menariknya lagi, bahkan penggunaan roster kayu dapat mempertegas kesan mewah dan natural pada hunian. Terdapat berbagai motif roster kayu yang dapat kamu pilih sesuai selera.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Parquet Dinding Ini Sebelum Menggunakannya

2. Desain Roster Tanah Liat

Desain Roster Tanah Liat
foto@Rumah.com

Jika kamu ingin menghadirkan nuansa klasik pada eksterior rumah, maka roster yang terbuat dari tanah liat ini adalah jawabannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena roster tanah liat mengusung warna merah kecoklatan sehingga dapat mempertegas kesan natural dan klasik.

3. Desain Roster Beton

Desain Roster Beton
foto@Houstie

Berbicara soal material yang kokoh dan kuat, maka kamu bisa mencoba dinding roster yang terbuat dari bahan beton.

Selain kokoh dan kuat, roster beton juga dapat meningkatkan nilai keindahan pada eksterior maupun interior rumahmu.

Harga roster di pasaran memang cukup bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan tipe dan ukurannya.

4. Desain Roster Beton Ekspos

Desain Roster Beton Ekspos
foto@Arsitag

Apabila kamu ingin membuat desain teras rumah yang bergaya industrial, maka roster beton ekspos ini adalah jawabannya.

Tak hanya tampilannya yang cenderung simple, roster beton ekspos juga tidak perlu dilakukan pengecatan ulang.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika roster beton ekspos selalu banyak dipilih oleh masyarakat untuk mempercantik tampilan huniannya.

5. Desain Roster yang Berwarna-warni

Desain Roster yang Berwarna-warni
foto@Orami

Guna menghadirkan kesan ceria dan meriah pada teras rumah, maka kamu bisa menggunakan dinding roster yang berwarna-warni.

Roster tersebut bisa kamu aplikasikan sebagai penyekat ruangan pada lantai dua. Biar tidak terkesan monoton, kamu pun bisa menambahkan aneka tanaman hias sehingga terlihat lebih menarik.

6. Desain Roster Bata Merah

Desain Roster Bata Merah
foto@Pinhome

Pada dasarnya, ukuran teras rumah yang tidak terlalu luas bukanlah faktor penghambat dalam penggunaan dinding roster yang berestetika.   

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan rotser yang terbuat dari bata merah agar telihat lebih natural. Selain diaplikasikan di area outdoor, roster bata merah tersebut juga bisa kamu aplikasikan di dalam ruangan.

7. Desain Roster Gypsum di Area Dapur

Siapa bilang bahwa dinding roster hanya cocok ditempatkan di area teras rumah saja? Buktinya, dinding roster juga bisa kamu tempatkan sebagai dinding di area dapur.

Desain Roster Gypsum di Area Dapur
foto@Bernas.id

Dengan adanya dinding roster, secara otomatis ruangan dapur akan terasa lebih sejuk berkat sirkulasi udara yang dihasilkan melalui lubang-lubangnya.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pencahayaan yang memadai sehingga kegiatan masak-memasak di dapur semakin maksimal.

Nah, itu dia beberapa ide desain roster dinding terbaik yang tentunya bisa kamu coba.

Bagaimana, apakah kamu juga berminat untuk menggunakan roster dinding?